Sistem Pembayaran QRIS Bakal Diterapkan di 4 Negara Berikut

Herlina - Jumat, 08 Juli 2022 17:04 WIB
Ilustrasi QRIS (sumber : freepik.com)

JAKARTA,LyfeBengkulu.com- Pemerintah melalui Bank Indonesia tengah mempersiapkan sistem pembayaran dengan menggunakan QRIS untuk empat negara di ASEAN. Yakni Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Selain QRIS, juga sistem pembayaran lintas batas atau cross-border payment dengan open API (application payment interface), dan Fast Payment dengan mengimplementasikan local currency settlement (LCS).Saat ini BI bersama, Bank Thailand, Bank Negara Malaysia, Monetary Authority of Singapore, dan Bank Sentral Filipina sedang menggarap kerja sama tersebut.

Seperti disampaikan Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Filianingsih Hendarta. Ia berharap kesepakatan itu akan ditandatangani pada pertemuan para pemimpin G20 pada November mendatang.

"Saat dunia masih berbicara, Asean Five akan menjadi penggerak pertama konektivitas pembayaran. Bisa melalui QRIS, open API, atau Fast Payment dan semuanya akan berbasis framework LCS," kata Filianingsih dalam konferensi yang digelar secara virtual.

Dia juga mengatakan, kelima negara Asean tersebut telah memiliki infrastruktur transaksi digital, seperti pembayaran QR dan Pembayaran Cepat. Dengan demikian, mereka hanya bisa mengoperasikan pembayaran lintas batas.

Filianingsih melanjutkan, QRIS sudah bisa digunakan di Thailand dan Malaysia.Melalui kerja sama ini, sistem pembayaran akan diperluas ke seluruh negara Asean bahkan di luar kawasan. (**)

Editor: Herlina
Tags Bank IndonesiaQRISBagikan

RELATED NEWS