Tangkapan Melimpah, Harga Ikan di Bengkulu Turun

Herlina - Selasa, 13 September 2022 14:45 WIB
Hasil tangkapan nelayan yang melimpah membuat harga ikan turun di Bengkulu. Hal ini menyebabkan sebagian nelayan mengeluh, harga turun di tengah kenaikan BBM solar. (foto : ist/lyfebengkulu)

BENGKULU,LyfeBengkulu.com- Kondisi harga komoditas perikanan air laut di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu belakangan ini mengalami penurunan harga. Salah seorang pedagang ikan Kota Bengkulu, Arif mengakui, harga ikan turun seiring dengan musim ikan di laut Bengkulu.

Dia mengatakan, penurunan harga ikan terjadi karena banyaknya hasil tangkapan, sehingga daya beli tidak seimbang dengan stok yang ada. "Sudah sepekan ini turun karena banyaknya hasil tangkapan sementara permintaan pasar jauh lebih sedikit," kata Arif, Senin (12/09).

Alhasil, lanjut Arif, tak sedikit jumlah tangkapan ikan yang ada turut disuplai ke luar daerah. "Dalam sepekan ini sudah berapa ton kami pengiriman ke Bangka, Jambi, Sumsel dan Lampung," kata Arif.

Arif mengungkap turunnya harga ikan dalam besaran perkilogram di rentang harga Rp5 ribu hingga Rp10 ribu. Adapun sejumlah jenis ikan yang dijual di tempat pelelangan ikan Pelabuhan Ikan Pulau Baai yakni tongkol Rp20 ribu per kilogram (Kg), dencis Rp 25 ribu, tuna Rp27 ribu, kakap kecil Rp40 ribu, kakap merah Rp ribu, jenihin Rp55 ribu, gebur Rp60 ribu hingga salam Rp33 ribu.(mb)

Editor: Herlina
Tags Ikan murah Bagikan

RELATED NEWS