Tips Agar Tubuh Tetap Terhidrasi di Tengah Cuaca Panas

Selasa, 16 Mei 2023 12:50 WIB

Penulis:Herlina

Editor:Herlina

Screenshot 2023-05-16 124910.jpeg
Ilustrasi (freepik.com)

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Cuaca panas dapat meningkatkan risiko dehidrasi, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan. Berikut ini adalah lima tips untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi di tengah cuaca panas:

Minum cukup air

Pastikan Anda minum jumlah air yang cukup sepanjang hari. Tambahkan botol air minum pada perlengkapan harian Anda dan jangan tunggu sampai merasa haus untuk minum. Sering-seringlah minum air dalam jumlah yang cukup untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Hindari minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi

Beberapa minuman seperti minuman berkafein atau beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi. Batasi konsumsi minuman seperti kopi, teh hitam, minuman energi, dan alkohol, karena mereka dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. 

Perhatikan makanan yang mengandung air

Konsumsi makanan yang tinggi kandungan airnya, seperti buah-buahan segar (semangka, jeruk, nanas), sayuran hijau (mentimun, selada), dan sup buah-buahan. Selain memberikan hidrasi, makanan ini juga kaya akan nutrisi penting.

Kenali tanda-tanda dehidrasi

Penting untuk memahami tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, rasa haus yang berlebihan, kulit kering, urin berwarna gelap, pusing, dan kelelahan. Jika Anda mengalami tanda-tanda ini, segera minum air dan istirahat di tempat yang sejuk.

Gunakan pakaian yang tepat

Saat cuaca panas, kenakan pakaian yang ringan, longgar, dan berbahan bernapas seperti katun. Hindari pakaian yang dapat menyebabkan peningkatan suhu tubuh dan keringat berlebih, yang dapat mempercepat proses dehidrasi.

Dalam cuaca panas, menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan. Tetap waspada terhadap kondisi cuaca dan pastikan Anda mengikuti tips ini untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. (**)