CB650R: Tampil Beda dengan Gaya Retro dan Fitur Canggih

Herlina - Rabu, 31 Mei 2023 18:49 WIB
PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan pembaruan pada big bike CB650R yang memberikan sentuhan warna dan kesan misterius. Pembaruan ini tidak hanya meningkatkan kesan gagah pada sepeda motor street fighter ini, tetapi juga mempertahankan kesan premium yang dimilikinya. (foto : istimewa)

JAKARTA, LyfeBengkulu.com- CB650R memberikan sentuhan baru yang unik bagi pengendara sepeda motor sport yang ingin tampil berbeda. Dengan desain yang tak lekang oleh waktu dan ciri khas motor street fighter, tampilannya menciptakan kesan sporty, modern, dan gagah.

Salah satu daya tarik utama CB650R adalah sistem pencahayaan all LED dan lensa bening pada lampu senja, lampu belakang, dan lampu sein, memberikan pencahayaan modern. Desain lampu depan LED bulat menghadirkan konsep Neo Sport Cafe dengan sentuhan retro yang kuat.

"Saat ini CB650R dapat dibeli dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta sebesar Rp 291.006.000 dan tersedia secara eksklusif di 11 Big Wing yang berlokasi di 9 kota besar di Indonesia," ungkap Marketing Director AHM, Octavianus Dwi.

Dari samping, CB650R terlihat dengan jelas bagian-bagian mesin atau mekanikal, sementara di bagian belakang, gaya street fighter terpancar dengan kuat. Semua ini meningkatkan sensasi gagah, maskulin, dan ekstrem. Tapered handlebar memberikan kesan yang lebih kuat, meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan mengendarai di berbagai medan.

Tampilan panel meter digital penuh dengan pencahayaan berwarna biru memberikan informasi tentang posisi gir, shift up indicator, putaran mesin, kecepatan, odometer, bahan bakar, rata-rata konsumsi bahan bakar, dan penunjuk waktu.

Fitur-fitur Canggih untuk Pengalaman Berkendara Lebih Baik

Penggunaan suspensi depan jenis inverted telescopic Showa 41mm meningkatkan kenyamanan dalam mengendalikan sepeda motor. Suspensi belakang dengan lengan ayun alumunium membentuk kurva yang berada di atas knalpot di sisi kanan. Bagian ini dapat diatur hingga 10 level sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Dilengkapi dengan fitur assist/slipper clutch, tuas kopling menjadi lebih ringan untuk dioperasikan, dan mengurangi efek engine brake saat melakukan penurunan gigi dengan cepat.

Honda Selectable Torque Control (HSTC) menjadi fitur wajib untuk CB650R. Fitur ini mengoptimalkan torsi pada roda belakang dan mengurangi tergelincir. Tambahan fitur Emergency Stop Signal (ESS) juga meningkatkan keamanan saat melakukan pengereman mendadak. ESS secara otomatis mengaktifkan lampu darurat (hazard) saat rem dioperasikan, memberikan peringatan kepada pengendara di sekitarnya, terutama pada kendaraan di belakang untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Performa Mesin dan Desain yang Kuat

CB650R ditenagai oleh mesin 4 silinder 650cc DOHC 6-percepatan, mampu menghasilkan tenaga maksimal 66,5kW @11.000 rpm dan torsi kuat 60,7Nm @8.000 rpm. Dengan tangki bahan bakar berkapasitas 15,4 liter, mesin ini memenuhi standar emisi yang ditetapkan pemerintah.

Desain knalpot yang kompak dan kokoh memberikan kesan maskulin dan performa optimal pada putaran mesin bawah-tengah CB650R. Komponen lubang gas buang sisa pembakaran ini juga menghasilkan suara yang khas dan berkelas.

Dilengkapi dengan rangka diamond steel yang kuat dan berbentuk elips, CB650R memberikan kesan yang gagah. Keseimbangan kekuatan diperoleh melalui penyetelan khusus yang lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar, memberikan pengendalian yang diinginkan oleh pengendara.

Posisi berkendara sedikit condong ke bagian depan, menjadikan pengendara lebih dekat dengan roda depan. Jok pembonceng memiliki ruang yang cukup dan dilengkapi dengan tali pengaman. Profil jok pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah, dengan tinggi tempat duduk 810mm.

Pelek aluminium dengan ban depan ukuran 120/70-R17 dan ban belakang ukuran 180/55-R17. CB650R menggunakan kaliper rem depan berpiston empat dengan cakram 310mm. Di bagian belakang terdapat kaliper berpiston tunggal dengan cakram 240mm, serta ABS 2-channel sebagai standar untuk memberikan daya pengereman yang efektif. (rilis)

Editor: Herlina

RELATED NEWS