Ini Dia Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Communities

Herlina - Minggu, 27 November 2022 16:53 WIB
Ilustrasi (freepik,com)

JAKARTA,LyfeBengkulu.com- WhatsApp kembali meluncurkan fitur terbarunya, yaitu Communities atau Komunitas. Fitur ini memungkinkan WhatsApp membantu penggunanya untuk membentuk komunitas. Ini menjadikan WhatsApp sebagai menjadi aplikasi perpesanan populer yang digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Melalui fitur WhatsApp Communities, pengguna dapat terhubung dalam grup WhatsApp yang lebih besar lagi. Sejumlah grup-grup percakapan yang ada dapat digabungkan dalam fitur WhatsApp Communities tersebut. Selain itu, komunikasi yang dilakukan sifatnya juga satu arah. Sehingga dapat menghindarkan Communities dari spaming.

Pengguna yang menjadi admin komunitas dapat menyampaikan pembaruan penting kepada anggota melalui pengumuman dan setiap anggota komunitas dapat tetap terhubung dengan menjelajahi dan melakukan chat di grup yang penting bagi mereka. Anggota komunitas dapat menerima informasi terbaru yang dikirim ke seluruh anggota komunitas dan dengan mudah mengorganisasi grup diskusi yang lebih kecil berdasarkan kategori yang sesuai dengan preferensi pengguna.

Selain itu, pesan dan panggilan pribadi Anda di komunitas tersebut akan selalu terenkripsi secara end-to-end. Jadi, tidak ada siapapun termasuk WhatsApp yang dapat membaca atau mendengarkan pesan di komunitas.

Cara Membuat atau Menggunakan Komunitas

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp, lalu ketuk ‘Chat Baru’, klik ‘Komunitas Baru’, dan klik ‘Mulai’.
  2. Setelah itu masukkan nama komunitas Anda, deskripsi, dan foto profil di komunitas. Meski begitu, nama komunitas dibatasi maksimum 24 karakter, lalu deskripsi tersebut harus memberikan gambaran tentang komunitas kepada anggota. Selain itu, Anda dapat menambah ikon komunitas dengan mengetuk ikon ‘Kamera’. Anda dapat memilih ‘Ambil Foto’, ‘Pilih Foto’, atau ‘Cari di Web’ untuk menambahkan gambar. Setelah itu, ikon tersebut akan ditampilkan di samping nama komunitas di tab Chat.
  3. Jika sudah, ketuk lanjut untuk menambahkan grup yang sudah ada atau membuat grup baru.
  4. Untuk menambahkan grup ke komunitas, Anda perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut.
  5. Ketuk ‘Buat Grup Baru’ atau ‘Tambahkan Grup yang Ada’.
  6. Setelah selesai menambahkan grup ke komunitas, ketuk 'Buat'.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memakai dan membuat fitur WhatsApp Communities atau komunitas. Selamat mencoba ya. (ta)

Editor: Herlina

RELATED NEWS