Langkah-langkah Berolahraga Saat Puasa dengan Optimal

Redaksi Daerah - Kamis, 21 Maret 2024 19:13 WIB
Tips Olahraga Saat Puasa Agar Lebih Optimal (Freepik.com/pressfoto)

JAKARTA - Berolahraga adalah hal penting yang harus dilakukan, termasuk saat puasa. Olahraga dan aktif secara fisik akan membantu tubuh jadi tetap sehat dan bugar.

Namun, tidak dapat dipungkiri berolahraga saat menjalani ibadah puasa memang tidak mudah. Apalagi, jika Anda ingin membangun kebiasaan ini selama Ramadan, tentu akan jadi sesuatu yang menantang.

Agar tidak terasa berat, Anda bisa mengikuti beberapa tips olahraga saat puasa berikut ini, seperti yang dilansir dari laman resmi Kemenkes.

Cara Olahraga Saat Puasa

1. Pilih Waktu Olahraga

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa adalah pada saat setelah berbuka. Selain itu, Anda juga bisa berolahraga 30 sampai 60 menit menjelang berbuka.

Waktu tersebut dianggap sangat tepat sebagai waktu berolahraga karena mendekati waktu makan atau minum, sehingga tubuh akan segera mendapatkan asupan energi kembali saat berbuka.

2. Sesuaikan Jenis Olahraga

Pilih jenis olahraga yang aman untuk berpuasa, seperti bersepeda, jogging, jalan santai, pilates, dan yoga. Anda sebaiknya menghindari olahraga berat seperti HIIT jika waktu berbuka Anda masih lama.

3. Jaga Asupan Makanan

Tubuh Anda tentu membutuhkan energi untuk beraktivitas dengan baik sekaligus olahraga. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga asupan makanan bergizi secara seimbang apalagi saat buka puasa sampai sahur.

4. Penuhi Kebutuhan Air Putih

Dehidrasi dapat terjadi apalagi saat Anda berpuasa di cuaca panas. Untuk mencegah hal tersebut, Anda harus menjaga asupan cairan. Asupan cairan harian yang disarankan adalah 1,5 sampai 2 liter per hari.

5. Cukupi Kebutuhan Tidur

Kekurangan waktu tidur dapat berpengaruh pada metabolisme dan kinerja tubuh. Pada umumnya, orang dewasa memerlukan waktu tidur 7-9 jam per hari.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidur siang selama 30 menit sampai 1 jam saat berpuasa, untuk mempertahankan kesehatan tubuh.

6. Pilih Olahraga dengan Intensitas Rendah Terlebih Dahulu

Saat Anda memulai rutinitas olahraga saat puasa, Anda perlu memulai dengan jenis olahraga intensitas rendah terlebih dahulu. Hal ini agar tubuh bisa beradaptasi secara bertahap tanpa menimbulkan stres secara berlebihan.

Tidak hanya itu, pada awal-awal puasa tubuh juga sedang beradaptasi dengan adanya perubahan pola makan. Hal tersebut dikhawatirkan otot dan persendian lebih rentan terhadap cedera.

Itu tadi beberapa tips olahraga saat puasa agar lebih optimal.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 21 Mar 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS