Zomi Chandra, Mahasiswa Pendidikan IPA Juarai Kompetisi Duta SDGs Unib

Herlina - Selasa, 11 Oktober 2022 17:59 WIB
Zomi Chandra, dinobatkan sebagai Duta SDGs Center Pembangunan Berkelanjutan Universitas Bengkulu periode 2022-2024 pada acara Pemilihan Duta Kampus SDGs UNIB 2022. (foto : ist/lyfebengkulu)

BENGKULU,LyfeBengkulu.com- Prodi Pendidikan IPA Universitas Bengkulu (Unib) patut berbangga. Salah seorang mahasiswanya, Zomi Chandra, dinobatkan sebagai Duta SDGs Center Pembangunan Berkelanjutan Universitas Bengkulu periode 2022-2024 pada acara Pemilihan Duta Kampus SDGs UNIB 2022, Senin (10/10). Kegiatan pemilihan Duta Kampus SDGs UNIB 2022 ini telah digelar sejak 26 September hingga 6 Oktober 2022, yang terdiri dari seleksi berkas, penilaian keaktifan dalam Focus Grup Discussion (FGD), hingga presentasi di depan dewan juri.

Dikatakan Zomi, ia merasa sangat bangga dan tak menyangka bisa menyabet juara I pada Pemilihan Duta Kampus SDGs UNIB 2022. Ia mengungkapkan, bahwa proposal dengan judul ‘Pirolisis sampah plastik sebagai upaya pengadaan bahan bakar alternatif’ yang ia bawa memberikan kontribusi pada kemenangannya.

“Karena zomi membawa proposal dengan judul pirolisis sampah plastik sebagai upaya pengadaan bahan bakar alternatif. Yang ditanyakan dewan juri adalah, bagaimana bentuk mesin pirolisis sampah plastik, dimana lokasi tempat pengadaan penelitian ini, targetnya siapa saja, lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat mesin itu, lalu berapa tahun SDGs akan terlaksana sampai tahun 2030, dan juga apa alasan juri harus memilih zomi sebagai duta SDGs,” beber Zomi ketika ditanya apa saja yang harus disampaikan pada saat presentasi di depan dewan juri.

Sementara itu, Koordinator Prodi Pendidikan IPA Universitas Bengkulu, Dr. M. Sutarno, M.Pd., mengaku bangga memiliki mahasiswa yang berprestasi. Ia berharap Zomi juga mampu membawa nama harum Pendidikan IPA di kancah Pemilihan Duta Kampus SDGs Tingkat Nasional yang digelar oleh Bappenas.

"Selamat atas terpilihnya Zomi Chandra sebagai Duta SDGs Universitas Bengkulu Tahun 2022-2024, kami sangat bangga dan bersyukur atas capaian ini. Semoga kedepannya Zomi dapat terus berkarya dan menularkan prestasinya kepada mahasiswa lainnya. Capaian ini sekaligus menunjukkan keberhasilan Program Studi S1 Pendidikan IPA dalam melakukan pembinaan kepada mahasiswanya untuk berprestasi," ungkap Sutarno merasa bangga.

Sekadar diketahui, Pemilihan Duta Kampus SDGs 2022 merupakan rangkaian dari penyelenggaraan SDGs Annual Conference 2022 (Konferensi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Tahunan 2022) Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas. Kompetisi tersebut digelar guna lebih meningkatkan keterlibatan dan peran serta kalangan akademisi dan kaum muda di lingkungan kampus. (rls)

Editor: Herlina

RELATED NEWS