Inilah 7 Kesalahan saat Berkencan yang Harus Dihindari

Herlina - Kamis, 12 Januari 2023 23:08 WIB
Ilustrasi (freepik.com)

BENGKULU, LyfeBengkulu.com- Para jomblo siap untuk beraksi di tahun 2023. Terbukti dari hasil survei oleh Lunch Actually, para jomblo lebih terbuka dengan pengalaman baru dalam berkencan, termasuk berpindah ke tempat dan negara lain demi pasangan (72% pria single dan 85% wanita single), mau untuk berkencan dengan seseorang dari ras yang berbeda (86% pria single dan 77% wanita single) dan lebih adaptif dengan kriteria dasar mereka, sebagaimana dibuktikan oleh tiga tipe teratas dari pria lajang seperti usia (75%), tipe body (43%), dan agama ( 70%), sementara wanita lajang lebih mementingkan agama (81%), pendapatan (84%), dan usia (41%).

Untuk memastikan para jomblo tidak terjebak dalam kelelahan berkencan lagi, berikut adalah 7 kesalahan yang harus dihindari di tahun 2023.

Menjadi pick me (girl atau boy)

Istilah pick me girl/boy paling sering terdengar di tahun 2022, di mana seseorang mencoba untuk terlihat berbeda dengan pria/wanita lain secara sengaja dengan menunjukkan bahwa seolah-olah mereka tidak seperti kebanyakan orang.… meskipun sebenarnya tidak begitu. Pendekatan ini tidak lagi bisa digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis di tahun ini, karena orang sudah lelah dalam ‘mencari’. Metode jujur dan to the point untuk menemukan atau ditemukan oleh seseorang akan lebih efektif, dan kamu juga harus tulus dan menjadi diri sendiri.

Menemukan seseorang yang sempurna di atas kertas

Pria tinggi dan tampan dengan mata coklat muda yang memiliki mobil mewah dan kapal pesiar pribadi adalah kriteria umum yang bisa kamu temukan dengan mudah di Drama Korea. Bisakah pria tampan itu menjamin kamu untuk memiliki keluarga yang hangat dan memberikan rasa nyaman dalam sepuluh tahun ke depan? Pria pekerja keras yang mempunyai hubungan baik dengan keluarga dan teman-temannya nyalah seorang pasangan yang lebih menjanjikan. Membangun keluarga kamu dengan pria yang tepat dalam kehidupan nyata lebih baik daripada membayangkan kehidupan yang sempurna dengan orang yang sempurna HANYA di atas kertas.

Tidak mencoba sesuatu yang berbeda

Pengalaman tidak beruntung para jomblo saat mencoba menemukan cinta secara online juga dapat memicu kelelahan dalam berkencan karena banyaknya ditemukan profil palsu, scammers, dan terlalu banyak swipe left. Cobalah untuk bertemu orang dengan cara yang orang pikir jadul. Berinteraksi dengan anggota di tempat ibadah kam. Kenali tetangga dan teman rekan kerja kamu. Mendaftar dalam keanggotaan gym, atau bergabung dengan organisasi atau grup sukarelawan. Ini akan memberikan peluang atas masuknya orang baru ke dalam hidup kamu, banyak diantaranya mungkin jomblo atau memiliki teman yang masih jomblo.

Menjadi sebuah box yang terbuka lebar.

Ingatlah untuk merahasiakan informasi pribadi dari media sosial kamu. Saat kamu memberi seseorang akses ke profil Facebook atau Instagram kamu, mereka mendapatkan akses ke setiap aspek kehidupan kamu, termasuk hal yang kamu sukai dan tidak sukai, teman, keluarga, keadaan baik atau buruknya kamu, dan foto aib kamu. Jangan mengungkapkan terlalu banyak informasi pada seseorang begitu cepat!

Kamu harus melapisi diri kamu seperti sebuah bawang bombay ketika kamu baru saja berkencan dengan seseorang. Alih-alih menunjukkan kepada teman kencan kamu semua yang ada di box/diri kamu, kamu dapat menunjukkan kepada mereka sebagian dari hidup kamu secara perlahan. kamu akan tampak lebih menarik bagi teman kencan kamu dengan cara seperti ini. Selain itu, kamu juga dapat terhindar dari penipuan.

Tidak berada ‘di sana’

Kamu harus menjauhkan tangan kamu dari gadget-mu selama sedang berkencan. Menahan diri untuk tidak menggunakannya dan tak mencari alasan untuk menghindar dari percakapan kalian. Alih-alih, temukan hal lain untuk dibicarakan daripada membiarkan percakapannya berakhir. Atau kamu bisa menyiapkan beberapa pertanyaan menarik dan mendalam yang bisa kamu tanyakan pada saat kencan pertama kamu.

Menggantung teman kencan kamu (Ghosting)

Para jomblo sudah muak dengan ketidakpastian. Pada tahun 2022, lebih dari separuh jomblo di Indonesia (59%) di aplikasi kencan telah menjadi korban ghosting. Mari kita berhenti saling menggantung dan mulai jujur tentang perasaan kita. Pertahankan percakapan tetap menarik jika kamu menyukainya. Biarkan mereka mengetahui perasaan kamu yang sebenarnya daripada membuat mereka meragukan niat kamu. Ini akan memberi kalian berdua kelonggaran untuk menemukan seseorang yang baru!

Tidak menghapus profil kamu dari dating apps setelah kamu menjalin hubungan eksklusif

Jika kamu berkencan secara eksklusif dengan seseorang, kamu tidak boleh mempertahankan profil kamu di dating apps (bahkan jika kamu tidak menggunakannya secara aktif). kamu memberi pasangan kamu alasan untuk merasa tidak aman dan cemburu tentang status hubungannya dengan kamu. Jika kamu merasa tidak nyaman menghapus profil kencan kamu, mungkin kamu belum sepenuhnya nyaman menjalin hubungan secara eksklusif. Dan itu mungkin adalah sesuatu yang perlu kamu renungkan kembali.

Kencan secara online mungkin nyaman, tetapi juga bisa membuat frustasi karena kamu tidak pernah tahu apakah orang yang kamu ajak bicara secara online adalah orang yang sesuai seperti yang mereka akui. Juga, aplikasi kencan bisa menjadi sangat dangkal dalam hal kriteria, di mana kompatibilitas tidak lagi diprioritaskan. Misalnya, kamu memilih profil berdasarkan kesan pertama, yaitu foto profil. Ketika kamu sudah menyukai apa yang kamu lihat, terkadang kita cenderung tidak memprioritaskan aspek-aspek penting seperti kesamaan visi-misi dan pertimbangan apakah hubungan itu akan bertahan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, kamu mungkin menghabiskan terlalu banyak waktu berbicara dengan seseorang hanya untuk mengetahui bahwa mereka tidak cocok dengan kamu di kemudian hari.(**)

Editor: Herlina
Tags Tips KencanBagikan

RELATED NEWS