Meniti Jalan Sukses Pemimpin Perempuan SAP Indonesia

Herlina - Kamis, 16 Maret 2023 08:23 WIB
Lily Tie, Partner Business Director untuk Head of Channel SAP Indonesia, Malaysia, dan Filipina. (foto : istimewa)

JAKARTA, LyfeBengkulu.com- Setiap bulan Maret, dunia memperingati Hari Perempuan Internasional dan Women's History Month, momen tepat untuk mengingat kembali partisipasi perempuan di berbagai bidang, termasuk teknologi. Menurut Deloitte, jumlah representasi perempuan di perusahaan teknologi besar meningkat sebesar 33% pada tahun 2022. Perusahaan perangkat lunak multinasional SAP (NYSE: SAP SE) juga berkomitmen membekali perempuan untuk mencapai potensi penuh mereka melalui Komitmen Tiga Nol (Three Zero Commitments), salah satunya adalah Nol Ketimpangan (Zero Inequality).

Tahun ini, SAP masuk dalam Indeks Kesetaraan Gender (Gender Equality Index) oleh Bloomberg dan memenangkan 42 penghargaan secara global atas upaya keragaman, kesetaraan, dan inklusi DE&I yang dilakukan. Di Indonesia, tenaga kerja SAP diwakili oleh 52% perempuan, dengan 51% berada di posisi kepemimpinan.

Untuk membahas keterlibatan perempuan dalam teknologi, tiga pemimpin perempuan di SAP Indonesia: Anastasia Siada, Citra Giofany, dan Lily Tie berbagi perspektif tentang perjalanan mereka menuju kesuksesan.

Anastasia Siada: Beradaptasi untuk Kesuksesan

Anastasia Siada pertama kali bergabung dengan SAP pada tahun 2017 dan saat ini menjabat sebagai Sales Director, Head of Midmarket Indonesia sejak 2022. Dari pengalamannya di sektor pasar menengah, Anastasia menemukan situasi pasar yang selalu berubah menjadi sebuah tantangan. Dengan keterbukaan pikiran dan sifat optimisnya, dia mampu beradaptasi dengan tantangan tersebut.

Sebagai pemimpin perempuan di SAP, Anastasia sadar bahwa dia harus beradaptasi dengan kecepatan pasar. "Untuk mengikuti perubahan pasar, kita harus menjadi penggerak transformasi," ujarnya.

Memiliki rasa percaya diri, Anastasia memperoleh seni dalam membangun kesuksesan. Dia mulai melihat tantangan sebagai peluang dan menggunakan kemampuan beradaptasinya untuk membantu orang lain. Tak hanya itu, ia juga mendorong para perempuan untuk bangga dan menambahkan nilai unik yang dimiliki setiap orang.

Citra Giofany: Visibilitas untuk Sukses

Citra Giofany adalah Global Account Director untuk Konglomerat Strategis di SAP Indonesia. (foto : istimewa)

Bergabung dengan SAP pada tahun 2019, Citra memulai kariernya melalui SAP Sales Academy sebelum naik ke posisinya saat ini. Citra berfokus pada elemen kredibilitas dan visibilitas untuk membangun support system sedini mungkin. Proses pencapaian unsur-unsur tersebut berjalan seiring dengan kemampuan menghadapi tantangan dan tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan.

Bagi Citra, kunci untuk meraih kesuksesan adalah “Performance, Growth Mindset, dan Grit.” Dia menekankan bahwa tujuan yang jelas akan mendorong rasa percaya diri. Ini dapat dibangun melalui perencanaan jangka panjang dengan bimbingan para pemimpin senior. Citra menyarankan para perempuan yang ingin maju untuk mencari mentor dan sponsor karir. “Jadilah vokal tentang aspirasi Anda, cari umpan balik secara proaktif, dan temukan mentor atau sponsor karier untuk membantu jalur karier Anda,” sarannya.

Setelah seharian bekerja, Citra suka berolahraga dan terlibat dalam kegiatan sosial untuk menghilangkan stres. Dengan menghabiskan waktu di alam, Citra mampu kembali dengan performa penuh.

Lily Tie: Kepercayaan untuk Sukses

Lily Tie adalah Partner Business Director untuk Head of Channel SAP Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Tantangan bagi Lily adalah upaya menyelaraskan mitra terhadap tujuan yang diinginkan dan menciptakan keragaman dalam tim. “Saya ingin meningkatkan kesempatan agar lebih banyak lagi generasi perempuan muda yang masuk ke dalam dunia kerja teknologi,” ujarnya.

Sebagai pemimpin perempuan di bidang teknologi, Lily percaya bahwa menjadi pendengar yang baik dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan meningkatkan rasa percaya diri yang dibutuhkan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas. Tak hanya itu, Lily juga menekankan pentingnya menghormati komitmen dan walk the talk membangun hubungan yang saling percaya. Senada dengan Citra, Lily berpesan agar tidak takut untuk angkat bicara dan lebih terbuka mengenai aspirasi karir dengan pimpinan, serta berinisiatif dalam berkomunikasi, karena tidak jarang perempuan dipandang sebelah mata.

Anastasia, Lily, dan Citra mengungkapkan pandangan mereka dalam membangun kesuksesan. Mereka memiliki satu kesamaan, yaitu melihat peluang dalam setiap tantangan. Seperti pisau yang diasah, mereka menerima tantangan untuk tumbuh, sehingga membangun kepribadian yang identik dan unik. Dengan setiap karyawan didorong untuk bekerja selaras dengan kepribadian mereka masing-masing, SAP menyediakan tempat bagi setiap pekerja untuk menjadi diri mereka yang terbaik. Tidak hanya itu, SAP juga mendorong pembelajaran inklusif. Upaya ini telah menghasilkan keluarga SAP menjadi komunitas yang inklusif dan harmonis.

“Di SAP, kami ingin menciptakan lingkungan kerja yang positif di mana rekan kerja dapat berkembang dan menggunakan potensi mereka secara maksimal dalam mendorong tujuan SAP. Saya berharap momentum Hari Perempuan Internasional dapat memperkuat kesadaran akan pentingnya kehadiran perempuan di sektor teknologi. dan dapat mendorong langkah yang lebih besar untuk mencapai kesetaraan gender tidak hanya di tempat kerja tetapi juga di masyarakat,” ujar Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia. (**)

Editor: Herlina
Tags IWD 2023Bagikan

RELATED NEWS