Platform Media Sosial Berikut Fiturnya Terpengaruh TikTok

Herlina - Kamis, 30 Maret 2023 23:52 WIB
Ilustrasi (freepik.com)

JAKARTA, LyfeBengkulu.com- TikTok telah menjadi platform media sosial yang populer, terutama di kalangan anak muda di Indonesia. Meskipun dilarang di banyak negara, TikTok terus mengekalkan pengaruh yang kuat di antara pesaingnya.

Platform ini ideal untuk anak muda yang banyak menghabiskan waktu di ponsel mereka. TikTok menawarkan video pendek yang berdurasi antara tiga hingga enam puluh detik dan diulang setelah diputar. Selain dari video pendek, TikTok memperkenalkan paket konten baru, seperti tantangan, tarian, video lucu, trik sulap, dan banyak lagi. Platform ini memungkinkan pengguna untuk berbagi efek dan reaksi suara, emotikon, efek khusus, reaksi video terhadap konten yang diposting, dan fitur interaktif lainnya yang membuatnya sangat menarik.

Fitur-fitur ini membuat konten TikTok menjadi viral dan populer di kalangan Generasi Z dan Alpha. Tidak mengherankan bahwa fitur yang terinspirasi dari TikTok muncul di berbagai platform media sosial lainnya.

Berikut adalah beberapa platform media sosial yang telah terpengaruh oleh fitur atau desain TikTok:

Facebook

Facebook mungkin merupakan platform yang paling "kehilangan arah" sejak kedatangan TikTok. Namun, tampaknya Facebook telah membuat sejumlah fitur untuk menyamai tren terbaru untuk anak muda, yang juga viral di kalangan banyak pengguna online lainnya.

Di antara fitur paling terkenal adalah streaming langsung, daftar putar video, dan seri. Raksasa media sosial ini juga telah meluncurkan Creator Studio untuk mengelola Halaman Facebook di satu tempat.

Instagram

Instagram telah memperkenalkan fitur interaktif seperti Video, Stories, dan Live, seiring dengan upaya media sosial lainnya untuk menegaskan konten visual dan dinamis.

Selain itu, fitur paling menarik dalam arah ini adalah Reels, yang diluncurkan pada tahun 2020. Reels memungkinkan pengguna untuk membuat dan menonton video lucu dengan durasi pendek sekitar 30 detik.

Twitter

Video telah lama menjadi format populer di Twitter, tetapi popularitas TikTok yang semakin meningkat telah mendorong platform ini untuk berinvestasi lebih banyak di bidang ini. Twitter sekarang bahkan memiliki dua jenis timeline: Untuk Anda (yang bekerja seperti FYP TikTok) dan timeline sesuai dengan siapa yang Anda ikuti.

YouTube

YouTube telah membuat bagian khusus yang disebut YouTube Shorts, yang merupakan pesaing video kecil TikTok. Pengguna dapat menggulir dan menonton video pendek langsung dari aplikasi YouTube. Shorts menawarkan fungsi besar untuk menemukan klip lain yang juga menggunakan lagu atau suara dari klip saat ini.

Pinterest

Pinterest sekarang tampaknya mencoba untuk memposisikan bisnisnya sebagai rumah bagi para kreator, bukan hanya situs untuk mencari inspirasi. Sekarang ada fitur video yang ditujukan untuk para kreator, yang merupakan campuran antara TikTok dan Stories. (**)

Editor: Herlina
Tags tiktokBagikan

RELATED NEWS